DIBUKA BUPATI, DINDUKCAPIL SOSIALISASIKAN GISA

    14.25   No comments

Bupati Djoko Nugroho membuka Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang dilaksanakan Dindukcapil, Kamis (8/3/2018). (foto: humaskab)
BLORA. Menindak lanjuti surat instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 470/837/SJ tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora menggelar Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA), Kamis (08/03/2018).

Bertempat di ruang pertemuan RM Mr Green Kecamatan Jepon, Sosialisasi dibuka langsung oleh Blora Djoko Nugroho yang dihadiri oleh kepala Organisai Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora dan jajaran Camat se Kabupaten Blora.

Kepala Dindukcapil Blora Riyanto S.Sos, M.Si mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut telah di launchingnya GISA tingkat nasional Februari kemarin. Oleh sebab itu untuk menindaklanjuti hal tersebut , dindukcapil Blora sesegera mungkin mensosialisasikan program ini kepada camat dan sejumlah kepala OPD.

Kepala Dindukcapil memberikan pemaparan kepada seluruh peserta sosialisasi yang terdiri dari Kepala OPD dan seluruh Camat se Kabupaten Blora. (foto: humaskab)
“Kalau di tingkat nasional dan jawa tengah sudah di launching, kita langsung action untuk memberikan sosialisasi ke tingkat kecamatan, agar segera di sosialisasikan ke desa desa,” jelas Riyanto S,Sos, M.Si.

Menurutnya untuk mensukseskan program GISA ini Dindukcapil mengharapkan para Camat sesegera mungkin bisa mensosialisasikan ke tingkat desa sehingga masyarakat belum tertib dengan dokumen kependudukannya bisa segera melengkapinya.

“Setelah ini saya berharap para camat bisa langsung mensosialisasikan, ke desa desa,” lanjutnya.

Riyanto menjelaskan saat ini presentase penduduk sadar administrasi kependudukan di Kabupaten Blora sudah cukup baik. Sehingga d harapakan dengan adanya GISA ini kedepan masyarakat semakin sadar akan pentingnya kependudukan yang mereka miliki.

“Untuk Kabupaten Blora, perekaman KTP sudah mencapai 98%, sedangkan untuk akte kelahiran khususnya anak usia 1- 18 tahun sudah mencapai 95 % namun demikian, kami juga menghimbau agar masyarakat yang melakukan perubahan juga melaporkan data baru,” jelasnya.

Bupati didampingi Kepala Dindukcapil memberikan keterangan pers terkait GISA usai sosialisasi. (foto: humaskab)
Sementara itu Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya mendukung dengan adanya GISA ini. Menurutnya dokumen kependudukan sangatlah penting bagi setiap warga, sebab setiap kegiatan apapun menggunakan bukti diri yang di miliki setiap masyarakat.

“Administrasi kependudukan sangat penting, tentu ini sangat bermanfaat sekali, oleh sebab itu langkah ini sangat bagus sekali,” tegas Bupati

Bupati menjelaskan, dengan adanya GISA sangat akan mempermudah masayarakat, dalam mengurus dokumen kependudukannya, sehingga kami akan mendorong untuk warga mengurus dokumen administrasi kependudukannya.

“Nanti Pak Camat, Pak Kades saya harap bisa lebih turun ke bawah untuk menyampaikan ke masyarakat terkait GISA ini,” Pesan Bupati.

Di harapkan dengan adanya GISA ini kedepan bisa mempermudah masyarakat dalam melengkapi administrasi kependudukannya dengan mudah dan cepat.

“ Untuk program ini perekaman e ktp akan kami limpahkan di setiap kecamatan sehingga mereka yang ada di desa jauh bisa lebih dekat dalam mengurusnya” harapnya.

Mulai bulan Mei mendatang warga di 10 Kecamatan akan bisa melakukan perekaman E-KTP di Kantor Kecamatan masing-masing. Utamanya Kecamatan yang aksesnya jauh dari kota.

“Karena keterbatasan anggaran, kami baru bisa mengadakan alat perekaman KTP di sepuluh Kecamatan dahulu. Rencananya mulai Mei mendatang bisa digunakan,” pungkas Riyanto. (teg-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com