SOROPADAN AGRO EXPO 2017, STAND BLORA DIPENUHI PENGUNJUNG

    15.17   1 comment



TEMANGGUNG. Pemkab Blora melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mulai hari Kamis (13/7/2017) mengikuti pameran produk unggulan pertanian di ajang SOROPADAN AGRO EXPO ke 8 tahun 2017 yang berlokasi di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Agro Center Soropadan Kecamatan Pringsurat, Kab.Temanggung.

Acara tahunan yang dilaksanakan oleh Provinsi Jawa Tengah dalam rangka ajang promosi efektif produk pertanian dan komoditi unggulan daerah itu diikuti 35 kabupaten/kota se Jateng dan dibuka langsung oleh Gubernur Ganjar Pranowo dengnan dihadiri wakil Menteri Pertanian, jajaran Pemprov Jateng, DPRD Jateng dan Bupati/Walikota termasuk Bupati Djoko Nugroho.

Dalam acara tersebut Kabupaten Blora turut serta memamerkan berbagai komoditas pertanian berupa buah-buahan dan sayuran yang belum banyak diketahui masyarakat. Diantaranya buah Sawo Organik dari Desa Bangoan Kecamatan Jiken, Jambu Kristal dari Tempuran dan Tunjungan.

Selain itu ada Srikaya Raja dari Tunjungan, Pisang Byar dari Todanan, Jeruk Pamello dari Tempellemahbang, Jeruk Siam dari Tanggel Randublatung, Bawang Merah Besar dari Jepon, Cabai Merah Keriting dari Ngumbul Todanan, produk olahan Kelor dari Kunduran dan lainnya.

Tidak lama setelah pembukaan, stand Kabupaten Blora pun langsung dipenuhi pengunjung. Mereka tidak mau ketinggalan untuk melihat dan membeli hasil bumi dari Blora yang dibawa ke Temanggung itu.

Komoditas yang paling mencuri perhatian adaah buah Sawo Organik dari Desa Bangoan. Dimana para pengunjung sampai antri untuk membeli sawo yang dijual dengan harga Rp 7 ribu per kilogramnya itu. Sawo yang ukurannya relatif besar dengan rasa manis ini dinilai berbeda dengan sawo lainnya yang memiliki rasa “sepet”.

“Tadi diberi sample, ternyata rasanya manis dan enak. Saya beli 3 kg untuk oleh-oleh anak-anak di rumah. Blora ternyata punya banyak buah-buahan, bagus,” ucap Suntari, salah satu pengunjung stand pameran.

Tidak hanya membeli berbagai buah-buahan, panitia dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga memberikan souvenir kepada seluruh pengunjung secara gratis berupa paket cabai merah dan cabai rawit per orang satu bungkus.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Blora Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam pameran ini untuk memperkenalkan produk-produk unggulan hasil bumi dari Kabupaten Blora agar bisa lebih luas diketahui banyak orang. Tidak hanya kalangan konsumen saja, namun juga dunia usaha dan pelaku bisnis pertanian serta hortikultura.

Adapun Bupati Djoko Nugroho saat berkunjung ke Stand Pameran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Blora mengaku senang karena kini Blora bisa tampil beda. Blora yang dahulu hanya dikenal sebagai daerah kering, gersang dan hanya menghasilkan jati. Sekarang ternyata bisa memamerkan aneka buah-buahan unggulan yang berkualitas tidak kalah dengan Kabupaten/Kota lainnya.

“Ini pameran yang bagus. Saat yang tepat untuk memperkenalkan dan mempromosikan Blora sebagai penghasil buah dan komoditas pertanian lainnya yang tidak kalah dengan wilayah lain. Ini bukti bahwa kini Blora tampil beda. Blora sudah berubah menjadi penghasil buah-buahan, bukan lagi dikenal sebagai daerah yang kering dan tandus. Beberapa pegawai provinsi juga tadi kaget, ternyata Blora bisa menghasilkan buah-buahan yang baik,” ucap Bupati.

Ia mengaku belum semua potensi buah unggulan ditampilkan dalam acara ini, hal itu karena sebagian komoditas buah belu m memasuki musim panen seperti kelengkeng dan durian Tunjungan, serta kacang mete dari Todanan. (rsa-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)


Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

1 komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com