PENGEBORAN SUMUR NGU-1 PERTAMINA NGLOBO BLORA

    23.17  



BLORA. Pengeboran sumur minyak dan gas (migas) oleh Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) di sumur NGU-1X di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora, mulai dilaksanakan Kamis (27/4) kemarin. Sebagai tanda dimulainya pengeboran, Bupati Djoko Nugroho dengan didampingi pimpinan Pertamina EP ADK dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait memencet tombol sirine diatas alat pengeboran atau rig.

Lokasi pengeboran yang berada di Desa Nglobo bagian barat dan terletak di tengah kawasan hutan itu relatif jauh dari pemukiman penduduki. Meskipun demikian, Bupati berharap pengeboran bisa berjalan lancar dan aman. Begitu juga dengan Direktur (General Manager) PEPC ADK, Jhon H. Simamora, ia ingin pengeboran ini bisa berhasil menemukan titik sumur migas baru sebagai bukti bahwa Blora punya potensi besar.

“Pengeboran eksplorasi ini untuk membuktikan kekayaan yang terkandung dalam bumi Blora,’’ ujar Jhon H. Simamora.

Belum bisa diketahui apakah di titik pengeboran itu nantinya akan diketemukan minyak atau gas. Namun Jhon H. Simamora maupun Bupati Djoko Nugroho berharap pengeboran itu bakal mendapatkan cadangan minyak dengan jumlah besar.

“Kegagalan pengeboran yang pernah terjadi di sejumlah lokasi di Blora hendaknya menjadi pengalaman berharga. Semoga pengeboran kali ini mendapatkan hasil cadangan minyak yang melimpah,’’ tandas Bupati Djoko Nugroho.

Jhon H. Simamora menyebutkan, pengeboran eksplorasi dilakukan dalam kurun waktu 66 hari yang terdiri dari 28 hari pengeboran dan 38 hari completing dan testing. Kedalaman pengeboran mencapai 2.000 meter hingga 2.200 meter. ‘’Jika diketemukan minyak atau gas, itu akan bisa menambah cadangan migas untuk memenuhi kebutuhan energi nasional,’’ tandasnya.

Kegiatan pengeboran melibatkan beberapa kontraktor yang juga mempekerjakan tenaga kerja lokal dari Desa Nglobo dan Desa Cabak. Perekrutan tenaga kerja lokal dikoordinasi bersama Forkopimcam Kecamatan Jiken serta melibatkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Beberapa hari sebelum melakukan pengeboran, PEPC ADK terlebih dahulu memperbaiki kerusakan jalan dari wilayah Cabak hingga Nglobo. Perbaikan jalan akses menuju lokasi sumur itu merupakan salah satu tuntutan warga. Pasalnya, jalan tersebut juga dilalui kendaraan berat pengangkut peralatan pengeboran.

Dalam rangkaian peresmian tajak pertama itu juga dilakukan penyerahan bantuan sembako, peralatan sekolah dan sejumlah dana sosial kepada warga Desa Nglobo dan sekitarnya. Warga menyambut dengan senang adanya pengeboran sumur baru didesanya. Mereka mendukung dan berharap kelak bisa memajukan desanya. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com