DESA KEMIRI KECAMATAN JEPON JADI YANG TERBAIK SE KABUPATEN BLORA.

    17.11  



BLORA. Setelah melalui berbagai tahap penilaian sejak akhir Maret lalu, akhirnya Lomba Desa tingkat Kabupaten Blora selesai dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD). Hasilnya, tim juri yang terdiri dari lintas sektoral menetapkan perwakilan Kecamatan Jepon yakni Desa Kemiri sebagai yang terbaik atau juara pertama.

“Panitia lomba desa terbaik menetapkan Desa Kemiri, Kecamatan Jepon sebagai juara pertama. Dimana Desa Kemiri mendapatkan nilai tertinggi dibanding lima desa lainnya yang masuk nominator 6 desa terbaik,” ucap Kepala Dinas PMD, Gunadi S.Sos, MM, Selasa (11/4/2017).

Menurut Gunadi, Desa Kemiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan nominator desa lainnya. Di Desa Kemiri pengelolaan keuangan desanya sudah transparan dengan adanya pemasangan Info Grafis APBDes dan pemasangan foto foto hasil pembangunan. Selain itu, pembangunan fisik jalan desa dengan program pavingisasi juga berjalan baik.

“Di Desa Kemiri, dibawah pimpinan Kades Sutrisno terwujud kerja sama antar lembaga desa yang kuat. Selain itu, Desa Kemiri membina sejumlah usaha masyarakat seperti pertanian, industri rumah tangga dan usaha kecil lainnya. Semua berjalan dengan baik,” lanjut Gunadi.

Tak hanya itu, di desa ini juga terdapat penerapan Mix Farming dalam satu kawasan pertanian. Dimana dalam satu kawasan tanah bengkok desa dimanfaatkan untuk pertanian tanaman padi, jagung, cabai merah, bawang merah, kacang tanah, penggemukan sapi dan ternak ikan pada embung. Yang kesemuanya saling berkaitan sehingga selama satu tahun bisa terus menuai panen. Dampaknya Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk pembangunan semakin meningkat.

“Beberapa hari lalu Wakil Bupati H.Arief Rohman juga meninjau Mix Farming ini. Bawang merahnya bagus, perikanannya bagus, dan sapinya gemuk gemuk. Bahkan desa ini ditetapkan sebagai desa percontohan tingkat Kabupaten Blora terkait pemanfaatan lahan pertanian, peternakan dan perikanan dalam satu kawasan pertanian ini,” terangnya.

Dengan semua keunggulan tersebut, Desa Kemiri memperoleh nilai tertinggi dalam Lomba Desa Terbaik sebanyak 782. Sedangkan juara kedua diraih Desa Brabowan, Kecamatan Sambong dengan nilai 775 dan juara ketiga diraih Desa Tanjung, Kecamatan Kedungtuban dengan nilai 759.

Sedangkan tiga desa lainnya yakni Desa Padaan, Kecamatan Japah memperoleh nilai 688 dan menjadi juara harapan pertama. Juara harapan II diraih Desa Ketringan, Kecamatan Jiken dengan nilai 658 dan Juara harapan ketiga diperoleh Desa Kapuan, Kecamatan Cepu dengan nilai 635.

Atas prestasi ini, pihaknya akan memberikan penghargaan kepada seluruh desa pemenang dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) bulan depan. “Penghargaan desa terbaik akan kami serahkan saat pencanangan BBGRM 2017 pada tanggal 9 Mei mendatang,” ucap Gunadi.

Perlu diketahui, tim penilai lomba desa terbaik tingkat kabupaten terdiri dari lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Blora. Selain dinas PMD, OPD tersebut antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Dinas Perdagangan dan Koperasi, Dinas Kesehatan, Bagian Pemerintahan Desa Setda serta PKK.

Tim penilai tersebut turun langsung ke desa-desa yang masuk nominasi desa terbaik untuk melakukan penilaian di bulan Maret lalu. Desa Kemiri mendapatkan giliran penilaian pada tanggal 30 Maret. Kriteria penilaian meliputi kegiatan ekonomi desa, pelayanan kesehatan desa, pelayanan pendidikan, kemanan dan ketertiban, PKK, pemberdayaan masyarakat serta pengelolaan administrasi pemerintahan desa.

Gunadi yang juga mantan kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) ini menyatakan bahwa dengan menjadi desa terbaik se Kabupaten Blora, maka Desa Kemiri akan mewakili Kabupaten Blora maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah di event yang sama. “Semoga bisa berprestasi di tingkat provinsi, kami akan lakukan pendampingan,” pungkasnya.

Adapun Kades Kemiri, Sutrisno berterimakasih atas seluruh dukungan warga dan masyarakatnya yang selama ini telah ikut menyukseskan program pemerintah desa. Menurutnya ini kemenangan bagi seluruh warga desa, bukan hanya perangkat desa saja. Dengan hasil ini, pihaknya bertekad akan sungguh-sungguh mempersiapkan diri maju ke tingkat Provinsi. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com