BLORA JADI DUTA SENI TERBAIK JATENG 2016

    06.00  

 


Barongan Risang Guntur Seto saat tampil di anjungan TMII.(foto:HumasSetda/dok)

BLORA. Seni budaya Kabupaten Blora kembali menorehkan prestasi di tingkat Jawa Tengah. Dalam pelaksanaan pentas duta seni Jawa Tengah selama tahun 2016 di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, perwakilan Kabupaten Blora berhasil menjadi yang terbaik. Mengungguli 34 kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar Pranowo melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata memberikan penghargaan sebagai duta seni Jateng terbaik kepada Pemkab Blora yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Drs. Kunto Aji, Selasa (31/1/2017) pekan lalu.

Pemberian penghargaan dilakukan bersamaan dengan rapat koordinasi penjadwalan pentas duta seni Anjungan TMII selama tahun 2017 di Semarang yang dihadiri seluruh perwakilan dinas pariwisata Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.
“Alhamdulillah kita patut berbangga karena berhasil menjadi 3 kabupaten terbaik yang sukses menampilkan duta kesenian di Anjungan TMII Jakarta tahun 2016. Selain Blora, penghargaan yang sama juga diberikan kepada Kabupaten Magelang dan Cilacap,” ucap Kunto Aji ketika ditemui, Sabtu (4/2/2017).

Menurut Kunto Aji, 2016 kemarin Blora dalam pentas duta seni di TMII Jakarta menampilkan kesenian Barongan Blora dari paguyuban Risang Guntur Seto Kelurahan Kunden dan seni Tayubsari yakni kolaborasi tayub serta tayub sari. Acara berlangsung meriah dengan dihadiri hampir seribu penonton yang memenuhi anjungan Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Drs. Kunto Aji
penghargaan sebagai duta seni Jateng.(foto:HumasSetda/dok)
Tak hanya tampilan barongan dan tayubsari saja, seluruh potensi kerajinan seperti batik, keramik, topeng barongan, gembol jati, jajanan khas dan potensi lainnya juga ikut dipamerkan. Termasuk kuliner Sate Blora dan Lontong Tahu yang disediakan gratis untuk pengunjung saat itu.

Atas prestasi ini, tahun 2017 Blora diberikan kesempatan oleh Pemprov Jateng untuk menampilkan paket khusus berupa program promosi pariwisata dengan pementasan seni budaya di hadapan para duta besar mancanegara.
“Tahun 2017 ini kita kembali akan pentas di TMII pada bulan Oktober. Hanya saja formatnya beda, yakni paket khusus yang menampilkan atraksi seni budaya dan pameran produk unggulan di hadapan para duta besar negara-negara sahabat. Informasinya selama tiga hari di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta,” lanjut Kunto Aji.

Saat ditanya tentang kemasan seni budaya yang akan ditampilkan, dirinya belum bisa menjelaskan secara detail. Hanya saja dirinya memastikan seni barongan akan menjadi salah satu pertunjukan utama yang akan disajikan.
“Barongan itu pasti, namun kemasannya seperti apa? Baru akan kita rapatkan. Mohon dukungannya kepada seluruh pihak agar Blora bisa kembali berprestasi dan semakin dikenal melalui event-event seperti ini,” pungkasnya. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com