PAWAI “PESONA GEMERLAP JIWA NUSANTARA” BERLANGSUNG MERIAH

    11.30   No comments

Kontingan Setda Kabupaten Blora foto dengan Bupati Djoko Nugroho sebelum pemberangkatan pawai. (foto: humaskab)
BLORA. Pawai Pembangunan atau Karnaval dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Blora kembali digelar pada Sabtu malam (18/7/2018). Dengan mengusung tema “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara”, pawai yang diberangkatkan Bupati Djoko Nugroho dari Alun-alun tepat pukul 19.00 WIB itu berlangsung meriah.

Pemberangkatan dilakukan Bupati dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka secara bersama-sama diiringi musik marchingband Gita Smaradana SMA Negeri 1 Blora. Bupati merasa bangga karena malam ini (semalam-red) seluruh masyarakat Blora berlomba mempertunjukkan kreativitasnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan negeri tercinta.

“Pawai Pembangunan atau karnaval ini masih dalam rangka Agustusan. Mari kita tonton bersama hasil-hasil pembangunan yang akan ditampilkan di suasana malam hari. Kreativitas anak-anak Blora pasti akan ditampilkan yang terbaik dengan permainan cahaya lampu,” ucap Bupati.

Ketua Seksi Karnaval, Ir. Samsul Arief yang tidak lain Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora, ketika ditemui di daerah persiapan , menyatakan setidaknya akan ada 50 kelompok yang tampil baik dari jenjang sekolah SMP, SMA, OPD hingga umum.

“Berawal dari Alun-alun hingga Blok T, nanti akan ada panggung kehormatan di depan Makodim Blora. Bapak Bupati setelah melepas dari start langsung menuju panggung kehormatan bersama jajaran Forkopimda. Mirsani disana,” ucapnya.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si beserta istri turut memeriahkan pawai bersama kontingen Setda. (foto: humaskab)
Sejak dilepas Bupati, pawai diawali dengan Marchingband SMAN 1 Blora diikuti Paskibraka, Barisan Bhinneka Tunggal Ika, Seni Barongan Blora Risang Guntur Seto, tim eksebisi dari Setda Blora dan Setwan DPRD Kabupaten Blora.

Bahkan Wakil Bupati BLora, H.Arief Rohman M.Si bersama istri turut berjalan kaki bergabung dengan kontingen Setda Kabupaten Blora hingga panggung kehormatan yang ada di depan Makodim 0721/Blora.

Ribuan penonton dari berbagai wilayah Kabupaten Blora memadati kanan kiri jalan di sepanjang rute pawai dari Alun-alun hingga Blok T. Suasana malam yang teduh, membuah penonton lebih bisa menikmati sajian penampilan para peserta pawai.

Dengan tema “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara” seperti yang disebutkan diatas, beberapa kelompok penampil tidak hanya mempertunjukkan hasil pembangunan dan kesenian Blora saja. Namun juga budaya dari berbagai daerah di Nusantara.

Seperti SMP Negeri 5 Blora menampilkan tari piring secara massal, yakni seni budaya dari tanah Minangkabau, Sumatera Barat. Gadis-gadis remaja ini terlihat lincah memainkan piring-piring ditangannya hingga membuat penonton ikut bergoyang.

Tarian dari SMK Muhammadiyah 1 Blora bertemakan Bleger Wengker dalam pawai semalam. (foto: humaskab)
Pada jenjang SMA/SMK, ada SMK Muhammadiyah 1 Blora yang mengangkat tema Bleger Wengker yang menampilkan tarian massal dengan kostum aneka fauna yang pernah hidup di hutan jati Kabupaten Blora dengan maskot Gajah Purba.

Setelah berjalan sekitar 5 jam akhirnya penampil terakhir berjalan hingga finish pada pukul 00.00 WIB dari kelompok umum atau desa. Dimana peserta terakhir merupakan kelompok dari perguruan silat Kera Sakti.

Sementara itu Minggu pagi Ketua Seksi Karnaval, Ir. Samsul Arief menyampaikan hasil kejuaraan pawai pembangunan berdasarkan rekap para juri yang semalam disebar di sepanjang rute. Hasilnya sebagai berikut :

Kategori SMP Sederajat
Juara 1 : SMP N 6 Blora
Juara 2 : SMPN 1 Blora
Juara 3 : SMP N 5 Blora

Kategori SMA/SMK Sederajat
Juara 1: SMK Muhammadiyah 1 Blora
Juara 2 : SMK N 2 Blora
Juara 3 : SMA N 2 Blora

Kategori OPD/Dinas
Juara 1: Dinas Pendidikan
Juara 2 : Dinas Kesehatan
Juara 3 : Bank Jateng Cabang Blora

Kategori Kecamatan/Umum
Juara 1 : Pemuda Denguk Desa Andongrejo Kecamatan Blora
Juara 2 : Desa Adirejo Kecamatan Tunjungan
Juara 3 : Ds. Tambahrejo Pendem, Kecamatan Tunjungan

Sedangkan hasil pawai pembangunan tingkat TK-SD yang dilaksanakan tanggal 11 Agustus lalu adalah sebagai berikut :

Kategori TK/PAUD
Juara 1 : TK SKB
Juara 2 : TK Islam Baitunnur
Juara 3 : Kelompok Bermain At -Taqwa

Kategori SD
Juara 1 : SDN Tempelan
Juara 2 : SDN Kauman
Juara 3 : SDN Kedungjenar

(Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com