BUPATI PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT CANDI 2018

    15.12   No comments

Bupati Djoko Nugroho memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2018, menyematkan pita operasi kepada anggota Satlantas. (foto: humaskab)

BLORA. Hari Raya Idul Fitri dan Puncak Arus Mudik Lebaran sudah Nampak di depan mata. Semua komponen Kepolisian, TNI dan Instansi Pemerintahan terakait berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Salah satunya diwujudkan melalui Operasi Ketupat Candi 2018.

Sebagai persiapan akhir untuk operasi tersebut, Rabu pagi (6/6/2018) dilaksanakan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Blora dan Bupati Blora Djoko Nugroho langsung bertindak sebagai Pimpinan Apel. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara Kasat Lantas Polres Blora AKP Himawan Aji Angga.

Pada kesempatan itu, Bupati Djoko Nugroho membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi M. Tito Karnavian. Disebutkan dalam amanat, operasi berlangsung selama 18 hari, dari tanggung 7-24 Juni 2018 mendatang.

Sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan, yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda, serta stakeholders terkait, dan elemen masyarakat lainnya dikerahkan demi kemanan dan kenyamanan Lebaran 2018.

“Rencana operasi disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan Operasi Ramadniya pada tahun 2017. Disertai analisa potensi gangguan kamtibmas di tahun 2018,” ujarnya.

Disampaikan, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan salah satu potensi kerawanan yang harus diwaspadai. Pada tahun 2017 secara umum stabilitas harga pangan dapat terjaga dan tidak terjadi kelangkaan bahan pangan.

“Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dari semua instansi terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), maupun Satgas Pangan Polri,” lanjutnya.

Pada tahun ini, jelasnya, potensi permasalahan masih berkisar pada masalah distribusi pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel/mafia pangan, maupun perilaku negatif pelaku usaha yang menaikkan harga di atas harga yang ditetapkan.

“Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama dan langkah proaktif dari stakeholders terkait guna mengatasi hal ini,” tegasnya.

Potensi kerawanan berikutnya adalah permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik yang perlu dikawal agar tidak terjadi ketersendatan bahkan kemacetan.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho memberikan tanda penyematan peserta di gelarnya Operasi Ketupat Candi 2018 kepada masing-masing personel perwakilan yang telah di tunjuk dari TNI, POLRI dan Dinas Perhubungan.

Sementara itu, Kapolres Blora AKBP Saptono mengemukakan, apel gelar pasukan ini untuk mengetahui sebagai mana kesiapan personil Polri dan sarana prasarana serta kelengkapan lainnya dalam mendukung kegiatan Operasi Ketupat Candi 2018.

“Semoga dengan diawali apel gelar pasukan Operasi Kerupat Candi 2018 ini, kegiatan bisa berjalan dengan baik dan dapat berhasil sesuai tujuan yang kita harapkan,” ujar AKBP Saptono.

Peserta upacara antara lain Forkopimda Blora, Anggota Polres Blora, Batalyon 410/Alugoro, Kodim 0721/Blora, Sat Pol PP, BPBD, Pramuka, Dinrumkimhub dan Senkom. (tkmn/Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com