PERINGATAN HARDIKNAS 2018 DI BLORA BERLANGSUNG KHIDMAT

    15.07   No comments

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Blora di halaman Kantor Bupati Blora. (foto: dok-humaskab)

BLORA. Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 tingkat Kabupaten Blora yang dilaksanakan hari Rabu (2/5/2018) berlangsung khidmat. Peringatan ditandai dengan pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera di halaman Kantor Bupati Blora dengan inspektur upacara Wakil Bupati H.Arief Rohman, M.Si.

Usai pengibaran bendera, di depan seluruh peserta upacara terdiri dari unsur Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, TNI, Korpri, PGRI, dan pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA Sederajat hingga Mahasiswa; Wakil Bupati menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Mujadjir Effendy tentang Hardiknas 2018.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Dengan tema itu diharapkan aagar Hardiknas tahun 2018 dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,” ucapnya.

Penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi oleh Pemkab Blora, secara simbolis. (foto: dok-humaskab)
Ia menambahkan pendidikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun demikian, pihaknya juga mengakui bahwa belum semua wilayah tersentuh pembangunan insfrastruktur yang bisa menjadi sabuk pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan Keindonesiaan.

“Oleh karena itu, pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memberikan prioritas pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) agar wilayah-wilayah tersebut terintegrasi dan terkoneksi ke dalam layanan pendidikan dan kebudayaan,” imbuhnya.

Guru, orang tua, dan masyarakat juga harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

Tripusat pendidikan tersebut menurutnya harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa.

Ia mengajak semua pihak bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan.

“Selain jalur pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 Juta anak, pendidikan nonformal juga telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa. Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut,” lanjutnya.

Petingnya pendidikan mental dan budi pekerti untuk generasi muda juga ikut disampaikan. Menurutnya revolusi mental sangat dibutuhkan agar pola pikir generasi muda bangsa Indonesia lebih baik. Contohnya penanaman sifat kejujuran, saling menghormati, sopan santun dan lainnya.

Ziarah Bersama di TMP Wira Bhakti Blora dalam rangka Hardiknas 2018. (foto: dok-humaskab)
Khusus untuk pendidikan di Kabupaten Blora, Pemkab Blora melalui Dinas Pendidikan berkomitmen terus melakukan pemerataan infrasturktur pendidikan di seluruh sekolah secara bertahap. Sehingga nantinya kualitas pendidikan di Kabupaten Blora bisa meningkat dan merata.

Usai upacara bendera, dilaksanakan acara tambahan yakni penyerahan penghargaan kepada tanaga pendidik dan siswa berprestasi. Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan program pendidikan untuk siswa miskin serta usaha produktif dari Baznas Kabupaten Blora kepada Kepala Dinas Pendidikan dan penyerahan bantuan kendaraan operasional untuk pengawas yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si.

Penerima Penghargaan Tenaga Pendidik Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018
  1. Sri Suwabtiningsih S.Pd, Juara 1 Guru TK Pemilihan Pendidik dan tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018 asal Guru TK Pertiwi II Kecamatan Jiken
  2. Siti Khotimah, S.Pd, Juara 1 Guru SD Pemilihan Pendidik dan tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018 asal SDN 2 Jepon, Kecamatan Jepon
  3. Masfuatin, S.Pd, Juara 1 Guru SMP Pemilihan Pendidik dan tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018 asal SMP Negeri 1 Ngawen
  4. Anna Sofia, S.Pd.AUD, Juara 1 Kepala TK Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018 asal TK bhakti Wanita Sendangrejo, Kec.Bogorejo
  5. Giartien, S.Pd, Juara 1 Kepala SD Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018 asal SDN 2 Beran, Blora
  6. Bambang Prihantoro, S.Pd, M.Pd, Juara 1 Pengawas SD Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kab.Blora 2018 asal UPT TK/SD Kecamatan Kunduran

Penerima Juara Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018
  1. Misri Prihatin, S.Pd, Juara 1 Mapel Matematika jenjang SMP Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018 dari SMP Negeri 6 Blora
  2. M. Sofwan Wiryoputro, S.Pd, Juara 1 Mapel IPA jenjang SMP Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018 dari SMP Negeri 1 Jepon
  3. Gartatik, M.Si, M.Ed Juara 1 Mapel Bahasa Inggris jenjang SMP Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018 dari SMP Negeri 2 Blora
  4. Dwi Widhayanti, S.Pd Juara 1 Mapel Bahasa Indonesia jenjang SMP Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018 dari SMP Negeri 4 Blora
  5. Suryono, S.Pd Juara 1 Mapel IPS jenjang SMP Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018 dari SMP Negeri 1 Ngawen
  6. Alvi Nadliroh E W, S.Pd, M.M.Pd Juara 1 Jenjang Guru SD Olimpiade Guru Nasional tingkat Kab.Blora 2018 dari SDN 1 Cepu, Kecamatan Cepu

Penerima Penghargaan Siswa Berprestasi
  1. Naura Farah Fathina, Juara 1 OSN IPA jenjang SD tingkat Kabupaten Blora 2018 dari SD IT Permata Mulia Blora
  2. Risqi Aulia Dinda, Juara 1 OSN Matematika jenjang SD tingkat Kabupaten Blora 2018 dari SDN Tempelan Blora
  3. Farhan Nuha Zhofiro, Juara 1 OSN Matematika jenjang SMP tingkat Kabupaten Blora 2018 dari SMP Negeri 2 Blora
  4. Tisso Arenggo Seto, Juara 1 OSN IPA jenjang SMP tingkat Kabupaten Blora 2018 dari SMP Negeri 2 Blora
  5. Ines Satya Mustika, Juara 1 OSN IPS jenjang SMP tingkat Kabupaten Blora 2018 dari SMP Negeri 1 Bogorejo

Perwakilan penerima bantuan program pendidikan untuk siswa miskin serta usaha produktif dari Baznas Kabupaten Blora
  1. Juwandi Penjaga Dinas Pendidikan Kabupaten Blora berupa bantuan permodalan produktif senilai Rp 1.500.000
  2. Dwi Andini siswa SMP Negeri 5 Blora berupa beasiswa pendidikan senilai Rp 750.000
  3. Ayu Wandira siswa SDN 1 Tegalgunung berupa beasiswa pendidikan senilai Rp 450.000

Penerima bantuan kendaraan operasional untuk pengawas berupa motor roda dua
  1. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd Pengawas UPT Kecamatan Ngawen
  2. Wakimin, S.Pd, M.M.Pd Pengawas UPT Kecamatan Kradenan
  3. Aris Munandar, S.Pd Pengawas UPT Kecamatan Sambong
  4. Drs. Gunawan Pengawas UPT Kecamatan Randublatung
  5. Ruswandi, S.Pd.AUD Pengawas UPT Kecamatan Todanan

Sedangkan Dinas Pendidikan menerima bantuan kendaraan mobil operasional dari Pemkab Blora berupa satu unit minibus Hiace.

Setelah penyerahan penghargaan dan bantuan selesai, dilanjutkan dengan pelaksanaan Ziarah Bersama dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Wira Bhakti Blora yang dipimpin oleh Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, diikuti segenap pegawai Dinas Pendidikan, Guru, Pelajar dan Mahasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Achmad Wardoyo M.Pd melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Sugiyanto M.Si menerangkan bahwa perlunya dilakukan ziarah bersama dengan pelajar di TMP Wira Bhakti untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kepahlawanan kepada generasi muda.

“Melalui momentum Hardiknas ini, jangan sampai anak-anak lupa kepada para pahlawannya yang telah gugur setelah berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucapnya singkat. (rsa-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com