PEMBUKAAN TARAWIH KELILING BUPATI BLORA

    15.09   No comments

Pembukaan kegiatan tarawih Keliling Bupati Blora diselingi dengan penyerahan bantuan dan santunan kepada anak yatim, serta duafa. (foto: humaskab)

BLORA. Mengisi kegiatan bulan Ramadan 1439 H, Pemerintah Kabupaten tahun ini kembali melaksanakan Tarawih Keliling Bupati Blora yang diawali dengan pembukaan pada Senin petang (21/5/2018). Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, pembukaan tarawih keliling diikuti langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si dan jajaran Forkopimda, sekalian istri/suami.

Sedangkan pesertanya adalah seluruh jajaran Kepala OPD, Camat, seluruh ormas Islam, tokoh agama, serta masyarakat umum yang keseluruhan berjumlah 500 orang. Kegiatan diawali dengan buka bersama, dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah, tarawih berjamaah. Kemudian pembagian bantuan sosial dan pengajian.

Acara berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Bertindak sebagai imam sholat KH Muhtadi Noor, sedangkan maulidoh hasanah diisi oleh penceramah KH Abdul Halim.

Kabag Kesra Setda Kab.Blora, Drs. Supriyono selaku panitia penyelenggara menerangkan bahwa kegiatan tarawih keliling Bupati Blora ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadan, sekaligus menjalin silahturahmi antara pemerintah, tokoh agama dan masyarakat sehingga tercipta kondisi Blora yang aman, nyaman dan kondusif.

“Tahun ini tarawih keliling Bupati Blora akan dilaksanakan di empat lokasi, masing-masing per eks kawedanan. Setelah pembukaan malam ini (semalam-red), jadwal selanjutnya Selasa, 22 Mei 2018 di Desa Balong Kecamatan Jepon. Kemudian Kamis 24 Mei 2018 di Desa Gabusan, Kecamatan Jati. Rabu 30 Mei 2018 di Desa Jiken, Kecamatan Jiken dan terakhir Senin 4 Juni 2018 di Desa Kalinanas Kecamatan Japah. Penutupan akan dilaksanakan Rabu 6 Juni 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati kembali,” terang Drs. Supriyono.

Menurutnya di setiap tarawih keliling sesuai jadwal tersebut, akan dilaksanakan penyerahan bantuan untuk masjid yang ditempati berupa sarana dan prasarana ibadah dari Baznas Kabupaten Blora. Selain itu ada santunan untuk anak yatim dari Baznas dan bantuan beras untuk kaum jompo dan duafa dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Bantuan dan santunan akan diberikan kepada 40 orang di masing-masing lokasi tarawih keliling. Khusus untuk bantuan beras 20 kg dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan diterimakan kepada penerima non rastra. Jadi yang sudah dapat rastra tidak diperkenankan menerima bantuan beras saat tarawih keliling,” jelas Drs. Supriyono.

Saat pembukaan tarawih keliling juga dilaksanakan penyerahan santunan kepada anak yatim dan beras kepada duafa secara simbolis oleh Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya, merasa senang dan bangga karena pembukaan tarawih keliling kali ini diikuti oleh seluruh ormas Islam yang ada di Blora. Semua tampak bersatu dan penuh kekeluargaan.

“Malam ini (semalam-red) nuansanya sangat teduh, semua ormas islam hadir dan ikut melaksanakan tarawih bersama. Terimakasih atas kehadirannya. Mari kita tunjukkan bahwa Blora ini rukun, aman dan kondusif. Selama Ramadan ini ayo berlomba meningkatkan amal baik di bulan yang penuh berkah ini. Karena sesungguhnya Rahmat Allah SWT sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat kebaikan,” ucap Bupati.

Sementara itu, pencerahan KH Abdul Halim dalam maulidoh hasanahnya menjelaskan pentingnya meningkatkan ibadah di bulan ramadan dan menjelaskan makna jihad yang sebenarnya. Agar tidak sampai terjadi peristiwa berdarah seperti yang ada di Surabaya akibat salah mengartikan makna jihad. (Rsa-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com