KABUPATEN BLORA JADI TELADAN SMART CITY 2018

    09.00   No comments

Mewakili Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si (tiga dari kiri) menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman tentang implementasi program Smart City yang diadakan Kemkominfo di Jakarta, Selasa (8/5/2018). (foto: dok-dinkominfobla)

BLORA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia menunjuk dan menjadikan Kabupaten Blora sebagai salah satu teladan dalam mengimplementasikan Program Smart City di tahun 2018 ini. Penunjukan itu ditandai dengan diundangnya Pemkab Blora untuk menghadiri acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Ditjen Aplikasi lnformatika, Kementerian Komunikasi dan lnformatika dengan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten yang terpilih, tentang lmplementasi Gerakan Menuju 100 Smart City tingkat Nasional di Jakarta, Selasa (8/5/2018), kemarin.

“Mewakili Pak Bupati, kami bersama OPD terkait kemarin telah menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Ditjen Aplikasi lnformatika, Kementerian Komunikasi dan lnformatika dengan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten yang terpilih, tentang lmplementasi Gerakan Menuju 100 Smart City di Jakarta,” ucap Wakil Bupati (Wabup) H. Arief Rohman M.Si ketika dihubungi Rabu (9/5/2018).

Wabup menyatakan bahwa penandatangan nota kesepahaman itu kemarin dilakukan di REDTOP Hotel & Convention Center, Pecenongan, Jakarta, bersama dengan 49 Kepala Daerah lainnya se Indonesia yang telah terpilih menjadi daerah implementasi program Smart City.

“Jadi, Gerakan Menuju 100 Smart City yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat ini sudah dimulai pada tahun 2017 kemarin. Tahun lalu ada 25 Kabupaten/Kota yang dipilih untuk melaksanakan program Smart City ini. Selanjutnya di tahun 2018 ini ditunjuk 50 Kabupaten/Kota untuk tahap selanjutnya. Dimana Blora menjadi salah satu daerah yang terpilih,” lanjut Wakil Bupati.

Dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini, ia mengatakan kedepan Kabupaten Blora akan memperoleh pendampingan penyusunan masterplan serta quick wins smart city dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk menyukseskannya, Kemkominfo tidak melangkah sendiri. Dalam rangka mengimplementasikan Smart City itu, maka Kementerian Komunikasi dan lnformatika menjalin bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PAN&RB, Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, dan Kompas Gramedia.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si (tengah) menandatangani nota kesepahaman tentang implementasi smart city. (foto: dok-dinkominfobla)
Wabup juga menyampaikan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yang hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman itu mengatakan, smart city adalah sebuah proses yang berkelanjutan. Perbaikan layanan kepada masyarakat yang terus ditingkatkan menjadi sebuah kota/kabupaten itu dikategorikan kota pintar.

“Pak Menteri juga mengungkapkan bahwa pemilihan kota/kabupaten untuk membentuk master plan pembangunan smart city memiliki kriteria, mulai dari kesiapan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memiliki ruang dari APBD, sampai pola pikir dari pemimpin daerahnya. Lebih penting itu mindset atau pola pikir dari pemimpinnya, kalau nggak punya passion untuk meningkatkan lebih baik, bakal dicoret. Smart city itu mengubah jadi layanan yang lebih bagus," tutur Wabup Arief Rohman menirukan penjelasan Menteri Kominfo.

Diketahui bersama, smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Adapun 49 Kota/Kabupaten yang Terpilih di Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua selain Blora adalah sebagai berikut :

    1. Kabupaten Sukoharjo
    2. Kabupaten Boyolali
    3. Kabupaten Banyumas
    4. Kota Denpasar
    5. Kota Cimahi
    6. Kota Medan
    7. Kota Surakarta
    8. Kabupaten Bantul
    9. Kabupaten Magelang
    10. Kota Surabaya
    11. Kabupaten Batang
    12. Kota Binjai
    13. Kabupaten Bogor
    14. Kabupaten Kulonprogo
    15. Kabupaten Sumenep
    16. Kota Yogyakarta
    17. Kota Depok
    18. Kabupaten Langkat
    19. Kota Pontianak
    20. Kota Pekanbaru
    21. Kota Probolinggo
    22. Kota Banjarmasin
    23. Kota Pelembang
    24. Kabupaten Kudus
    25. Kabupaten Luwu Timur
    26. Kabupaten Muara Enim
    27. Kabupaten Pati
    28. Kabupaten Jepara
    29. Kota Padang
    30. Kota Banjarbaru
    31. Kabupaten Lamongan
    32. Kabupaten Jember
    33. Kabupaten Blitar
    34. Kabupaten Bandung
    35. Kabupaten Sumbawa
    36. Kabupaten Tuban
    37. Kabupaten Deli Serdang
    38. Kabupaten Kendal
    39. Kabupaten Indramayu
    40. Kabupaten Kutai Timur
    41. Kabupaten Pemalang
    42. Kabupaten Solok
    43. Kabupaten Grobogan
    44. Kota Manado
    45. Kabupaten Musi Banyuasin
    46. Kabupaten Morowali
    47. Kabupaten Pasuruan
    48. Kota Mataram
    49. Kota Sibolga
(rsa-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com