DI BLORA, KAPOLDA SERUKAN PENTINGNYA 4 PILAR KEBANGSAAN DEMI KEUTUHAN NKRI

    17.12   No comments

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menghadiri Seminar, Rakorwil dan Pelantikan DPW, DPC IPI Jawa Tengah di Kecamatan Jiken, Sabtu (12/5/2018). (foto: humaskab)
BLORA - Kepala Kepolisan Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng) Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum menyampaikan empat pilar kebangsaan harus dipahamai, dijiwai dan ditanamkan dalam menjaga persatuan dan keutuhan Negara Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam Seminar, Rakorwil dan Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Pondok Pesantren Indonesia (IPI) Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung di Pondok Pesantren Miftahul Amal, Desa Jiworejo Kecamatan Jiken, Sabtu (12/5).

“Kita semua perlu memahami Empat Pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945. Kalau meminjam istilah KH Maimun Zubair, yaitu PBNU,” ujarnya.

Condro Kirono menjelaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa, sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemudian ada Bhineka Tunggal Ika, sebagai alat perekat pemersatu berbagai suku, budaya, bahasa, ras, agama. Perlu diingat bahwa berdirinya negara ini adalah peran dari seluruh komponen bangsa.

“Termasuk santri, TNI, pemuda-pemuda, yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha ikut mendirikan negara ini. Sehingga Bhineka Tunggal Ika sebagai alat perekat dan pemersatu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Condro Kirono juga mengatakan bahwa UUD 1945 merupakan konstitusi, dan NKRI merupakan rumah besar yang harus dijaga dan dibela terus keutuhannya.

Menyinggung soal Pilkada Jawa Tengah, Condro Kirono berharap warga masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik untuk memilih pemimpinnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Blora, Djoko Nugroho mengatakan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Blora sangat baik dan aman.

“Pak Condro, Alhamdulillah Kabupaten Blora kondusif dan aman. Bahkan saking amannya malah tidak terasa kalau sebentar lagi akan ada Pilkada Gubernur Jawa Tengah," ujar Djoko Nugroho yang diikuti tepuk tangan hadirin.

Pada acara yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Blora ini juga diberikan bantuan berupa alat olah raga dan Kitab Suci Al-Qur’an kepada Ponpes Miftahul Amal oleh Kapolda Jawa Tengah didampingi oleh Bupati Blora, Plt. Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Jateng dan Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Kementerian Dalam Negeri, Drs. Lutfi TMA, M.Si. (Humas Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com