DKP JATENG BANTU 674 RIBU BENIH IKAN UNTUK BLORA

    14.10   No comments

Melepas benih ikan bersama di Embung Plered Desa Purworejo, Kecamatan Blora, Jumat (9/3/2018). (foto: humaskab)

 BLORA. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah tahun ini menyalurkan bantuan bibit/benih ikan yang jumlahnya cukup banyak untuk Kabupaten Blora. Kepala DKP Jateng Ir. Lalu M. Syafriadi, MM saat berkunjung ke Blora, Jumat (9/3/2018) mengatakan bahwa untuk Blora pihaknya mengalokasikan benih ikan total 674 ribu ekor yang akan ditebar di perairan umum seperti embung dan waduk.

“Tahun ini kami memberikan bantuan untuk Blora sebanyak 674 ribu ekor benih ikan agar dilepas di perairan umum baik waduk ataupun embung. Tujuannya agar nantinya saat besar bisa dimanfaatkan warga masyarakat sebagai lauk makan sehari-hari. Sehingga tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat semakin meningkat,” ujar Ir. Lalu M. Syafriadi, MM di sela kegiatan pelepasan benih ikan di Embung Plered Desa Purworejo, Kecamatan Blora bersama Bupati Djoko Nugroho.

Dari kiri depan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng dan Bupati Blora memberikan keterangan dalam kegiatan tebar benih ikan di kawasan Embung Plered, Jumat (9/3/2018). (foto: humaskab)
Hal ini menurutnya sebagai salah satu bentuk dukungan gerakan “Ayo Makan Ikan” yang gencar dilakukan pemerintah. Pasalnya banyak nilai gizi dan nutrisi yang dikandung oleh ikan.

Dari jumlah ikan sebanyak itu, menurutnya paling banyak adalah patin, kemudian nila, tombro, gurame, bandeng dan lainnya. Pihaknya berharap kedepan Blora bisa menjadi lumbung perikanan seiring dengan banyaknya pembangunan embung.

“Saya ingin kedepan Blora bisa menjadi lumbung patin. Karena di Jawa Tengah belum ada lumbung ikan patin. Ini tadi juga banyak benih ikan patin yang dilepas disini,” lanjutnya.

Bupati Djoko Nugroho usai melepas benih ikan di Embung Plered menyatakan terimakasih kepada Pemprov Jateng, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan bantuan benih ikan sejumlah 600 ribu ekor lebih. Ia berharap ikan-ikan ini nanti bisa bermanfaat untuk masyarakat yang ada di sekitar embung.

Usai melepas 110 ribu ikan, Kepala DKP Jateng dan Bupati foto bersama dengan Dinas terkait dan para Camat dengan berlatar Embung Plered. (foto: humaskab)
“Terimakasih Pak Kadinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah yang sudah bersedia hadir langsung menyalurkan bantuan benih ikan ke Kabupaten Blora. Benih ikan ini tidak akan ditebar di Embung Plered saja, namun juga di lokasi lainnya. Setelah ditebar, jangan dijaring, jangan dijenu, jangan diracun. Dipancing saja dengan syarat nanti saat ikannya sudah besar,” ucap Bupati sambil berpesan kepada Kades Purworejo agar bisa menjaga ikan di Embung Plered.

Di hadapan warga Desa Purworejo yang datang menyaksikan pelepasan benih ikan, Bupati menyatakan bahwa nanti Pemkab Blora akan memperbaiki jalan yang rusak menuju Embung Plered. Dengan harapan kedepan Embung Plered akan menjadi lokasi wisata baru bagi penggemar mancing mania dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi lainnya seperti pendirian warung kuliner.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si mengatakan untuk jumlah yang ditebar atau dilepas di Embung Plered ini jumlahnya ada 110 ribu ekor berbagai jenis ikan. Dilepas bersama-sama dengan Kepala DKP Jateng, Bupati Blora, Camat, Kepala Desa dan warga masyarakat Desa Purworejo.

“Ada 110 ribu ekor yang dilepas di Embung Plered ini. Kuota sisanya akan dilepaskan di embung-embung lainnya yang ada di Kabupaten Blora. Tadi sebelum ke Embung Plered, rombongan juga menyempatkan diri untuk meninjau hasil pembangunan dan perluasan Embung Rawa di Kelurahan Karangjati,” terangnya. (dmz-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com