TERIMA BANTUAN SOSIAL, BALITA PENDERITA HIDROCEPHALUS DIRUJUK KE RSUP SARDJITO YOGYAKARTA

    19.10   No comments

Kepala Dinsos P3A (kiri) memberikan bantuan sosial kepada adek Yemima yang sedang digendong ibunya. (foto: humaskab)
BLORA. Pemkab Blora melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali memberikan bantuan sosial kepada adek Yemima Fara Natalia (2) yang menderita penyakit Hydrocephalus, anak pertama pasangan Partono (29) dan Rahayu Widasari (19) warga RT 02 RW 03 Desa Pengkolrejo Kecamatan Japah, Senin (20/11/2017).

Pemberian bantuan dipimpin langsung oleh Kepala Dinsos P3A Sri Handoko S.Sos, M.Si dan Kepala Dinkes dr. Henny Indriyanti M.Kes, diterimakan langsung kepada orang tua Yemima, Partono dan Rahayu Widasari dengan disaksikan Camat Japah, Kiswoyo dan Kades Pengkolrejo, Senen.

“Kali ini atas arahan Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati, kami datang untuk memberikan bantuan sosial berupa dana sosial, sejumlah kebutuhan makanan balita dan sembako. Semoga ini bisa membantu pengobatan adek Yemima,” ucap Kepala Dinsos P3A Sri Handoko S.Sos, M.Si.

Sementara itu, Kepala Dinkes dr. Henny Indriyanti M.Kes menyatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi pengobatan adek Yemima ke RSUP Sardjito Yogyakarta. Dinas Kesehatan akan mengantarkan memakai ambulance ke Yogyakarta besok hari Selasa (21/1/2017).

“Tadi sudah diuruskan semua dokumennya dan akan dirujuk ke RSUP dr.Sardjito Yogyakarta untuk dilakukan pengobatan. Rencana, besok pagi akan berangkat pukul 03.00 WIB dari Blora, dimana biaya pengobatannya menggunakan BPJS Kesehatan,” kata dr. Henny Indrayanti M.Kes.

Menurutnya, kunjungan yang dilakukan Dinsos P3A dan Dinas Kesehatan kali ini sebagai tindak lanjut kunjungan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mewakili Bupati Djoko Nugroho pada bulan Maret 2016 silam.

Saat dikunjungi Wakil Bupati dan Dinas Kesehatan di bulan Maret 2016 lalu dimana Yemima masih berusia dua bulan, Rahayu Widasari (ibunya-red) menjelaskan bahwa anaknya tersebut hanya bisa menangis karena merasakan sakit dan kepalanya yang semakin berat. Sejak usia kandungan 9 bulan dokter sudah mengatakan bahwa di dalam kepala bayi ada sebuah cairan hitam. Saat lahir kondisinya normal, namun setelah itu lama lama kepalanya membesar.

Kepala Dinkes Kab.Blora (kanan) dan Camat Japah (kiri) saat mengunjungi adek Yemima. Besok pagi ia akan dibawa ke RSUP dr. Sardjito untuk menjalani pemeriksaan. (foto: humaskab)
Sebelumnya sudah pernah dibawa berobat ke Rumah Sakit Elizabeth di Semarang. Namun dokter disana tidak berani melakukan tindakan operasi karena usia bayi yang masih terlalu muda, apalagi resikonya sangat berat dimana kondisi kepala bayi masih lunak. Tulang tengkoraknya belum sempurna.

“Setelah dari RS Elizabeth Semarang, Pemkab sudah pernah memfasilitasi pengobatan kembali ke RS Muwardi Solo. Namun setelah diperiksa secara medis, ternyata tidak bisa dilakukan operasi karena volume otaknya kecil sekali sehingga dokter ahli tidak ada tindakan. Akan percuma jika dilakukan operasi, otak tetap tidak bisa berkembang.,” terang dr. Henny Indrayanti M.Kes.

Masih menurut dr. Henny Indrayanti, sebagai upaya lanjutan pihaknya kali ini akan membantu pengobatan ke RSUP dr. Sardjito Yogyakarta. Ia berharap hasil terbaik bisa diperoleh Yemima di RSUP dr. Sardjito tersebut.

“Hasil pemeriksaan dari RS Elizabeth Semarang dan RS Muwardi Solo saya minta untuk dibawa ke RSUP dr. Sardjito Yogyakarta besok pagi sebagai rekam medik pasien. Apapun hasilnya, kami berharap orangtua harus siap menghadapinya. Kita semua berharap yang terbaik untuk adek Yemima,” lanjutnya.

Untuk menjaga kesehatan tubuhnya, ia menyarankan agar asupan makanan bergizi tetap dipenuhi agar daya tahan tubuh anak tetap baik dan kuat. Saat dikunjungi Senin siang (20/11/2017), Yemima juga baru saja habis makan siang disuapi Ibunya.

Partono dan Rahayu Widasari sebagai orang tua adek Yemima mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemkab Blora yang sudah memfasilitasi pengobatan bagi anaknya. Apapun hasilnya nanti, kedua orang tua ini siap menerimanya.

“Semoga anak kami bisa sembuh. Namun apapun hasilnya nanti kami berdua siap menghadapinya. Terimakasih atas bantuan yang diberikan,” kata Partono didampingi Rahayu Widasari. (rsa-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan komentar anda


Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com