RENCANA PEMBANGUNAN BENDUNGAN RANDUGUNTING

    19.19  



Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin Rapat bersama Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Direktorat Jenderal Sumber Daya Air tentang Rencana Pembangunan Bendungan Randugunting di Ruang Rapat Bupati Blora. Senin, (22/05). Rombongan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dipimpin langsung oleh Ir. H. Ruhban Ruzziyatno, MT selaku Kepala Balai. Rapat ini juga diikuti oleh Sekda Kabupaten Blora Drs. Bondan Sukarno MM, Slamet Pamudji SH, M.Hum, Kepala DPUPR Kabupaten Blora Ir. Sam Gautama Karnajaya MT, Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir Dewi Tedjowati, serta perwakilan PDAM Kabupaten Blora.

Dalam paparan BBWS Pemali Juana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Program, Dani, menjelaskan bahwa nantinya pembangunan Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora akan memberikan manfaat untuk pengendali banjir, suplai air baku, irigasi serta pariwisata. Diperlukan lahan seluas 241. 428 Ha yang akan menampung air sebanyak 10,40 Juta m³. Nantinya Bendungan Randugunting ini akan digunakan untuk membantu pengairan di Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati. Pembangunan sendiri akan mulai dilakukan pada tahun 2018 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2020.

Terkait rencana pembangunan tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan bahwa di perbatasan Blora-Pati-Rembang yang merupakan Blora bagian utara, masyarakatnya sangat membutuhkan air, terutama untuk pertanian. Oleh karena itu diharapkan desain dan pembagian air bendungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehingga dapat membantu petani terutama dalam musim tanam. Dengan adanya pembangunan Bendungan Randugunting juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru di Kabupaten Blora.

Kepala BBWS Pemali Juana, Ir. H. Ruhban Ruzziyatno, MT, menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Blora dapat memberikan usulan pembangunan embung yang akan difungsikan untuk irigasi. Nantinya, apabila dipaksakan dapat dilakukan pemompaan seperti yang dilakukan di Wonogiri. Selain itu akan dilakukan study potensi tampungan air serta study kompetensi lebih lanjut mengenai penyesuaian desain bendungan. Perihal pemanfaatan bendungan sebagai tempat wisata perlu adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Blora untuk memberikan usulan.

Dalam menutup rapat, Bupati Blora Djoko Nugroho meminta kepada Dinas/Instansi terkait untuk mendata kebutuhan apa saja yang super masyarakat serta keadaan pengairan di daerah sekitar.
"Tolong semuanya didata, nanti kita akan kesana untuk melakukan pengecekan lapangan, semoga apa yang kita lakukan ini menjadi barokah untuk kita semua," ujarnya.

(Tim Berita Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com