Upaya Penguatan Harga Gabah Petani

    07.55  


Sambutan Bupati Blora Djoko Nugroho saat LDPM.(foto:HumasSetda/dok)
BLORA. Bupati Djoko Nugroho menghadiri Apresiasi Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Kegiatan Pengembangan Model Distribusi Pangan yang Efisien di Mr Green Blora. Kamis, (09/02). Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus, Kepala Bulog Subdrive 2 Pati yang diwakili Kepala Gudang Blora Suismuntoyo S.Sos, Kepala BRI Cabang Blora Sri Mulyono, perwakilan Gapoktan dan Poktan se-Kabupaten Blora.

Dalam sambutannya Bupati Blora Djoko Nugroho meminta kepada petani untuk menjual gabahnya hanya ke Bulog dengan begitu harga jual gabah dapat tetap tinggi. Saat ini harga beli gabah dari Bulog ke Mitra sebesar Rp 3.700/kilo sedangkan harga beli gabah dari Mitra ke petani atau Poktan hanya sebesar Rp 2.500/kilo. Dengan menjual gabah langsung ke Bulog diharapkan dapat menekan selisihnya harga beli dari Bulog dan Mitra sebesar Rp 1.200.

Bupati Blora juga berpesan kepada Poktan maupun Gapoktan untuk memanfaatkan Sarjana yang ada di desa-desa dalam menyusun administrasi seperti kontrak jual beli gabah ke Bulog. Dengan begitu maka sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
"Saat ini kita dibantu oleh Pak Menteri Pertanian, maka kita juga harus meningkatkan serapan gabah di Blora, tapi kalian juga harus bisa dipercaya dan jangan bohong dengan kualitas gabah yang dijual ke Bulog harus sesuai ketentuan," pesannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Reni Miharti M.Agr.Bus menyampaikan bahwa saat ini luas tanam diawasi langsung oleh Kementrian Pertanian lewat satelit. Oleh karena itu Gapoktan harus segera melapor ke Dinas Pertanian apabila mulai menanam padi dan nantinya akan dilaporkan ke Kementrian secepat mungkin. Diharapkan saat ini Poktan dan Gapoktan memiliki persediaan gabah segera transaksi dengan Bulog segera terjadi.

Di tahun 2017 ditargetkan serapan gabah di Kabupaten Blora sebesar 21 ton dan realisasi yang diminta Bupati Blora minimal harus 25 ton. Oleh karena itu Kepala Gudang Blora Suismuntoyo S.Sos menyampaikan bahwa persediaan beras maupun gabah yang ada di gudang Blora telah dijual ke Medan, Kalimantan Tengah maupun daerah lainnya untuk mengosongkan gudang khusus untuk serapan gabah tahun 2017.

Juga menyampaikan bahwa Gapoktan yang memiliki mesin penggilingan dapat didaftarkan ke Bulog Pati yang nantinya dapat diberikan lisensi oleh Dinas Pertanian untuk menjadi Mitra Bulog. Kelompok tani kecil juga diharapkan menjual gabahnya langsung ke gudang Bulog yang ada. Nantinya uang hasil penjualan gabah dapat langsung dicairkan ke kantor Bank BRI terdekat setelah mendapatkan SPP. 

Dengan menjual langsung ke gudang, petani dapat mengetahui secara langsung kualitas gabah yang dimiliki, hal ini dikarenakan terdapat mini laboratorium di gudang. Petani juga mendapat bimbingan dari Bulog agar gabah yang dihasilkan dapat mencapai kualitas dengan harga jual tertinggi yaitu Rp 3.700/kilo.
"Petani tidak usah takut ke gudang, gudang sekarang tidak menyeramkan, gudang Bulog Blora mendapat peringkat 1 penataan taman se-Indonesia, jadi tidak usah takut, disana juga ada minilab jadi petani bisa tau bagaimana gabah yang bagus," ujarnya. 

Diakhir acara Bupati Blora menegaskan kepada Poktan dan Gapoktan untuk langsung menjual gabah ke Bulog dan jangan ke mitra agar harganya tinggi. Alasan diadakannya acara ini adalah untuk menemukan pihak petani dengan Bulog serta BRI agar petani mengetahui secara langsung bagaimana cara agar harga gabah tinggi.
"Tolong Bulog terima gabah hanya dari petani dan mitra dari Blora saja jangan dari yang lain biar petani Blora semakin sejahtera dan makmur," tutupnya.
(Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com