BUPATI SOSIALISASIKAN PEMBANGUNAN PASAR

    13.04  

Sambutan Bupati Djoko Nugroho saat sosialisasi pembangunan pasar gabus.(foto:HumasSetda/dok)

BLORA. Setelah tahun 2016 kemarin selesai dilakukan pengurukan lahan dan pembangunan pagar keliling dengan anggaran total Rp 10 miliar, kini Pemkab Blora di tahun 2017 akan melanjutkan pembangunan fisik Pasar Blora yang berada di wilayah Gabus Kelurahan Mlangsen.

Agar pembangunan bisa diterima oleh semua pihak, khususnya para pedagang. Pada hari Kamis (16/2/2017) Bupati menggelar sosialisasi kepada para pedagang Pasar Induk Blora di Pendopo Kabupaten. Sosialisasi diikuti oleh perwakilan pedagang sebanyak 100 orang.

https://drive.google.com/file/d/0B77_fbSz2KqnZnZEVnNvWVdXRXc/view
Dalam acara tersebut, Bupati Djoko Nugroho didampingi Sekda Drs.Bondan Sukarno MM, Asisten 2 Setda Slamet Pamudji SH, M.Hum, dan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Ir. Maskur MM. Bupati mengatakan bahwa Pemkab akan membangun Pasar Blora yang baru dengan mana Pasar Sidomakmur sebagai pasar besar dengan anggaran sebanyak Rp 25 miliar.

“Pasar itu nanti untuk menampung seluruh pedagang yang setiap hari berjualan di sepanjang Jl.MR Iskandar, pedagang di Jl.Sumodarsono dan pedagang yang ada di Pasar Rel. Semuanya akan ditertibkan agar pusat Kota tidak kumuh. Sedangkan untuk Pasar Induk akan dibangun juga, namun bertahap setelah pasar di Gabus selesai dibangun 2 blok,” ucap Bupati.

Menurut Bupati Djoko Nugroho, Pasar Besar di Gabus Mlangsen tersebut akan terdiri dari 4 blok besar uang dihubungkan dengan jalan lebar sehingga semua kendaraan bongkar muat bisa masuk area pasar, tidak membuat jalan macet.

“Tahun 2017 ini kita bangun 2 blok dahulu berdaya tampung 845 pedagang dengan rincian los 2 blok 579 pedagang dan kios 2 blok sebanyak 266 pedagang. Setelah jadi silahkan ditempati seluruh pedagang,” jelas Bupati sambil menunjukkan desain gambar pembangunan pasar yang ditampilkan pada layar.

Bupati juga menjelaskan bahwa pembangunan pasar di wilayah selatan ini untuk perluasan wilayah Kota Blora. Nantinya Kantor Kecamatan Blora Kota juga akan dipindah di depan Pasar Sidomakmur. Akses jalan raya juga akan dibangun secara bertahap.
Pedagang pasar induk Blora.(foto:HumasSetda/dok)

Jembatan Jembar penghubung Kedungjenar-Beran yang selesai dibangun tahun 2016 akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan ke selatan tembus Gabus. Sehingga akses menuju pasar akan bertambah. “Kebetulan lahan persawahan dari Beran ke selatan hingga Gabus merupakan tanah bengkok desa, sehingga pembebasan lahannya tidak sulit,” ujar Bupati.

Mendengar penjelasan Bupati, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Induk Blora Tarwa Saladin menyatakan persetujuannya jika Pemkab hendak membangun pasar baru di wilayah Gabus Mlangsen untuk menampung para pedagang yang berjualan di sepanjang Jl.MR Iskandar, pedagang di Jl.Sumodarsono dan pedagang yang ada di Pasar Rel. Namun pedagang Pasar Induk menolak jika disuruh pindah ke Gabus.

“Kami minta dua-duanya dibangun, jangan pasar di Gabus saja. Tapi Pasar Induk Blora yang lama juga dibangun agar bisa lebih bagus lagi,” tegasnya.
(Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com