MENTERI PERTANIAN PANEN RAYA PADI DI BLORA

    08.11  

Menteri Pertanian saat diwawancarai oleh media.(foto:HumasSetda/dok)
BLORA. Pada hari Selasa 24 Januari 2017 pukul 14:30 WIB dilaksanakan acara Panen Raya dan Percepatan Tanam Padi di Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban. Hadir dalam acara tersebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Pangdam IV Diponegoro diwakili Aster Kolonel Kavaleri Puji Setiyono, Anggota Komite II DPD RI Denti Eka Widi Pratiwi SE MH, Bupati Djoko Nugroho, Forkopimda dan seluruh kelompok tani se Kabupaten Blora.

Setibanya di lokasi panen, setelah terbang menggunakan helikopter dari Solo. Menteri Pertanian bersama seluruh undangan langsung melakukan panen raya di persawahan milik Kelompok Tani Sejahtera 2 dengan lahan seluas 25 hektar.

Setelah panen, Menteri yang berasal dari Sulawesi Selatan ini menyaksikan percepatan penanaman padi dengan menggunakan mesin transplanter yang dijalankan oleh para petani. Ia juga menyaksikan panen raya yang menggunakan mesin pemotong padi combine harvester.
“Saya bangga dengan Blora, terimakasih kepada Pak Bupati dan seluruh jajarannya. Dalam setahun ini sudah ketiga kalinya saya datang kesini karena potensi pertanian Blora memang bagus. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, bulan ini panen seluas 70 ribu hektar dengan hasil rata-rata minimal 6 ton per hektar. Berarti ada 420 ribu ton yang dihasilkan Blora dalam sebulan, ini luar biasa. Saya kasih tantangan, bulan Februari nanti harus bisa langsung ditanami 50 hektar dulu. Kalau ini bisa dipenuhi, bulan Maret saya berangkatkan studi banding ke luar negeri agar bisa belajar pertanian yang lebih hebat,” ucap Menteri.

Menteri Pertanian bersama Bupati Blora saat memanen padi.(foto:HumasSetda/dok)
Mendengar hal itu, Bupati Djoko Nugroho pun berterimakasih kepada Menteri yang telah bersedia hadir kembali ke Blora untuk melakukan panen raya. Ia yakin, kedepan akan terjadi lonjakan produktifitas pertanian di Kabupaten Blora seiring dengan terus digiatkannya Upsus Pajale kerjasama dengan TNI dan seluruh penyuluh pertanian.

Adapun Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Blora Reni Miharti , melalui Kepala UPT Pertanian Kedungtuban Suparman menjelaskan bahwa daeri lahan padi yang dipanen seluas 25 ha milik kelompok tani Sejahtera 2 itu berjenis padi ciherang.
“Satu hektar hasil 6,5-7 ton, tanam Oktober panen Januari. Setelah panen ini, kami siap langsung tanam lagi seperti apa yang diharapkan Pak Menteri,” ucapnya.

Mendengar penjelasan itu, Menteri Pertanian langsung memerintahkan Bulog agar bisa menyerap seluruh padi petani.
“Jangan sampai jatuh ke tengkulak dengan harga rendah, kasihan petani kita. Bulog harus bisa membeli semua gabah sesuai HPP sebesar Rp 3700 per kilogram. 200 ribu ton bisa diserap Bulog itu sudah baik, sisanya nanti kita ekspor,” lanjut Menteri.

Kegiatan dilanjutkan penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) secara simbolis berupa 2 traktor roda 4, 2 transplanter, 2 traktor roda 2, 2 buah combine harvester kepada perwakilan kelompok tani. Menteri Sulaiman juga menjanjikan akan memberikan 4 traktor roda empat dan 11 traktor roda dua kepada Bupati agar nantinya bisa dibagikan ke kelompok tani.
“Dua minggu lagi saya usahakan bantuan ini akan datang ke Blora,” tegasnya.

Setelah panen padi dilanjutkan dengan rapat koordinasi diHotel Allium Cepu.(foto:HumasSetda/dok)
Dirinya menyampaikan di tahun 2017 ini pemerintah menargetkan Indonesia bisa memproduksi beras sebanyak 78 juta ton. Angka itu bukan mustahil jika melihat hasil panen padi tahun 2016 kemarin. Dari target 75 juta ton, ternyata akhir 2016 bisa jebol hingga 79 juta ton. Ia optimis tahun ini Indonesia akan surplus beras lagi.

Usai panen raya dan percepatan tanam padi di Desa Pulo, Kecamatan Randublatung, Menteri dan rombongan bertolak ke Hotel Allium Kecamatan Cepu untuk mengikuti Rapat Koordinasi Pangan tingkat Jawa Tengah bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan seluruh kepala daerah se Jateng.
(Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com