BUPATI : PERBAIKAN JALAN DESA HUTAN DILANJUTKAN

    16.10  

 
Bupati Blora H. Djoko Nugroho saat memberikan sambutan di acara Sertijab Kepala DPUPR dan Dinrumkimhub.(foto:HumasSetda/dok)

BLORA. Secara bertahap, kerusakan akses jalan penghubung desa hutan terus diperbaiki oleh Pemkab Blora. Setelah tahun kemarin selesai membangun jalan hutan penghubung Desa Sambongrejo menuju Desa Temengeng Kecamatan Sambong, dan betonisasi jalan Nglebur-Bleboh, kini perbaikan jalan hutan lainnya juga akan dilakukan.

Hal itu disampaikan Bupati H.Djoko Nugroho ketika menghadiri serah terima jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dari Bondan Sukarno kepada Samgautama Karnajaya, Rabu (4/1/2017) lalu. Kepada awak media, Bupati mengatakan bahwa perbaikan jalan penghubung desa hutan akan terus berlanjut.
“Tahun 2017 ini perbaikan jalan desa hutan dilanjutkan. Kita akan koordinasi dengan Perhutani terkait hal ini. Dikarenakan jalan desa hutan banyak yang berstatus sebagai jalan Perhutani. Inilah yang menjadi hambatan kita ketika ingin memperbaiki jalan desa hutan, harus izin ke Perhutani dahulu. Boleh atau tidak boleh, pokok'e dalane harus didandani. Mesakke masyarakat sing uripe ning tengah alas,” ucap Bupati.

Menurutnya akibat jalan perhutani yang rusak tersebut, warga desa hutan tidak bisa menikmati akses transportasi yang baik. Begitu juga ketika mereka panen hasil bumi, harganya pasti rendah karena harus menanggung ongkos transportasi mahal dari desa ke kota melewati jalan bodol. Jarang ada pembeli atau tengkulak yang datang karena akses rusak.

Bupati mencontohkan jalan menuju Desa Temengeng Kecamatan Sambong yang kini sudah mulus. Sebelumnya jalan hutan ini rusak berbatu dan berlumpur, namun di tahun 2016 kemarin telah diperbaiki dan dirinya kerap mengontrol pelaksanaan pembangunan sampai selesai.
“Temengeng sekarang jalannya sudah bagus, akses warga sudah baik. Harus terus dirawat dan ditularkan ke ruas jalan desa hutan lainnya,” kata Bupati.

Dengan adanya perbaikan jalan hutan, maka roda perekonomian masyarakat desa hutan bisa bergerak lebih cepat. Adapun beberapa ruas jalan kabupaten penghubung antar desa hutan yang menjadi perhatian Bupati tahun ini berada di wilayah Blora Selatan.

Gayug bersambut, kendala program perbaikan jalan desa hutan ini pun direspon oleh anggota DPD RI Bambang Sadono saat melakukan kunjungan kerja di Blora, Rabu (4/1/2017). Pihaknya dari DPD RI siap memfasilitasi, menjadi penghubung Bupati Blora dengan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup guna membahas masalah kehutanan yang selama ini dialami Kabupaten ujung timur Jateng.
“Tidak hanya masalah perijinan perbaikan jalan Perhutani yang menjadi akses desa hutan saja, namun masalah kehutanan lainnya seperti dana bagi hasil hutan yang selama ini sangat minim diperoleh Blora. Padahal Blora dikenal sebagai daerah penghasil kayu jati terbaik,” kata Bambang Sadono.

Meskipun kini di Kabupaten Blora sudah tidak ada Dinas Kehutanan karena wewenang itu beralih ke Provinsi. Ia meminta agar Bupati menyurati Menteri Kehutanan dan LH untuk meminta diskusi untuk membahas masalahan kehutanan yang banyak dialami Blora.
“Dikirimi surat saja, mohon saya dikasih tembusannya agar bisa ikut mengawal sampai ke Pusat. Kami dekat dengan Menteri Kehutanan dan LH. Semoga nanti bisa memperoleh jalan terbaik untuk pembangunan Blora,” lanjut Bambang Sadono.
(Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com