BUPATI DAN BRI LAUNCHING KARTU TANI

    05.00  

 

Bupati Blora H.Djoko Nugroho saat menjelaskan manfaat kartu tani.(foto:HumasSetda/dok)


BLORA. Bupati Blora Djoko Nugroho menghadiri acara Launching Kartu Tani oleh BRI Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Kamis, (12/01). Acara ini dihadiri oleh Sekda Kabupaten Blora Drs Bondan Sukarno MM, Kepala SOPD terkait, Kepala Cabang BRI Blora, Direktur Telkom Blora, Perwakilan Distributor Pupuk di Kabupaten Blora, serta Perwakilan Petani di Kabupaten Blora.

Saat ini BRI membagikan 108.031 Kartu Tani kepada petani di Blora dengan batas subsidi pupuk untuk 2 hektar sawah. Nur Hidayat Kepala Cabang BRI Blora menyampaikan bahwa kartu tani ini bertujuan untuk memeratakan distribusi pupuk sehingga tepat sasaran. Selain itu dengan adanya kartu ini data petani dan distributor pupuk di Kabupaten Blora dapat tercatat secara Nasional sehingga dapat terorganisir dengan baik.

Dengan adanya Kartu Tani maka setiap petani telah ditentukan distributor dan kuota pupuk yang diterima. Sehingga pengambilan pupuk hanya dapat dilakukan di pengecer yang sudah ditetapkan oleh BRI. Pengambilan pupuk dengan menggunakan mesin mempermudah petani untuk dapat mengetahui berapa sisa kuota pupuk yang dimiliki.

Dalam acara Launching Kartu Tani ini juga dilakukan Teleconference dengan Gubernur Jawa Tengah dari Lapangan Supardi Mungkid. Selain itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Tani oleh Kepala Cabang BRI Blora kepada Bupati Blora Djoko Nugroho dan selanjutnya diserahkan kepada perwakilan petani.

Bupati Blora Djoko Nugroho berpesan kepada seluruh petani dan distributor untuk memanfaatkan Kartu Tani dengan baik. Dengan adanya Kartu Tani diharapkan dapat mengurangi masalah kelangkaan pupuk di Kabupaten Blora.
"Sekarang sudah ada Kartu Tani dari BRI, nanti pembagian pupuk biar bisa merata dan tidak ada lagi kecurangan untuk mendapatkan pupuk," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus berpesan kepada petani agar kuota pupuk yang diberikan dapat digunakan semaksimal mungkin dan sesuai dosis yang ditentukan yaitu menggunakan pupuk urea 200kg untuk 1 hektar sawah dan ditambah dengan pupuk yang lainnya. Sisa kuota pupuk dapat mempengaruhi pasokan pupuk di tahun selanjutnya, apabila sisa pupuk banyak maka kuota pupuk di tahun selanjutnya akan dikurangi.

Dalam seso tanya jawab, Pramugi salah satu petani bertanya apakah uang yang ada di tabungan Kartu Tani apabila tidak dipake beli pupuk berkurang atau tidak.

Menjawab hal tersebut Kepala Cabang BRI Blora menyampaikan bahwa Kartu Tani dapat diisi maupun ditarik melalui Bank maupun di pengecer pupuk yang telah ditunjuk. Kartu Tani menggunakan Tabubgab Simpedes khusus jadi tidak berkurang, tapi apabila penggunaannya ditambah internet banking maka uang akan berkurang untuk biaya administrasi.

Selain itu Triyono salah satu petani bertanya apakah petani yang masih belum mendapat kuota Kartu Tani masih dapat nyusul menyusul atau tidak serta menyampaikan saran agar petugas Bulog berasal dari Blora sehingga tidak perlu ke Rembang atau Pati karena bongkar muat hasil pertanian memakan waktu yang lama.
Bupati Blora menjawab bahwa raskin atau yang saat ini disebut rastra tidak hanya dari Blora tapi juga dari Rembang.
"Sekda tolong buat pertemuan dengan Bulog, agar petani kita tidak perlu jauh-jauh ke Pati," pesannya.
Untuk penambahan Kartu Tani dapat menghubungi PPL untuk dikoordonasikan dan kemudian diterus ke pertanian. Kendala yang ada saat ini adalah masih perlu adanya penyempurnaan, dan petani belum memberikan identitas diri.
(Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Admin Humas Protokol Setda Kab.Blora

Tim Berita Humas Blora merupakan staf Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Blora yang bertugas mendampingi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Blora.
View all posts by Tim Berita →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Humas Protokol Setda BloraBagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Jl. Pemuda No.12 - 58215 Telp. (0296) 531028 ext.229 Email: humas.blorakab[at]gmail.com